PAKAI PICK

Pakai pick
Menyetem 🎸[E-A-D-G-B-E] - Menyetem Nada
Update Juli,30 2019



Pick atau plektrum adalah benda kecil yang terbuat dari plastik yang biasana digunakan untuk membunyikan gitar. Kamu dapat menggunakan pick agar bunyi yang dihasilkan oleh gitar dapat terdengar lebih mantap dan tangan kamu juga tidak sakit.

Belajar Menyetem Chord Gitar



Menyetem gitar pasti tidak akan dapat kamu hindari jika kamu berurusan dengan gitar. Agar bunyi yang dihasilkan bagus dan cocok dengan nada gitar sebenarnya Anda harus mengetahui bagaimana cara menyetem gitar. Ada beberapa metode yang sapat kamu gunakan untuk menyetem gitar, yaitu menyetem dengan tuning standar, menyetem gitar memakai tuner (aplikasi android juga bisa), menyetem memakai teknik harmonik. Kamu dapat menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar akustik maupun gitar elektrik.

Selain menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar, kamu juga dapat menyetem gitar secara manual. Menyetem gitar secara manual sebenarnya dapat dilakukan siapa saja, karena cara ini sangat sederhana. Berikut cara yang dapat kamu gunakan untuk menyetem gitar secara manual.

Pada fret ke-5, tekanlah senar 6, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
Pada fret ke-5, tekanlah senar 5, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
Pada fret ke-5, tekanlah senar 4, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
Pada fret ke-4, tekanlah senar 3, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.
Pada fret ke-5, tekanlah senar 2, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.


Mudah bukan cara menyetem gitar secara manual. Namun, untuk pemula, pasti kamu tidak mengetahui cara-cara tersebut. Kamu dapat menyetem gitar dengan tuning standar, karena tuning standar biasanya banyak digunakan untuk lagu-lagu yang berada di pasaran. Kamu juga dapat menyetem gitar dengan tuning standar secara manual. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menyetem gitar dengan tuning standar secara manual.

Dengarkan lagu yang memiliki intro atau lagu yang diawali dengan chord E. Dengan chord E kamu bisa mengerti nada E meskipun tidak dipetik. Beberapa lagu yang memiliki chord E sebagai permulaan lagu adalah beberapa lagu dari Peterpan, yaitu Tak Bisakah, Mimpi yang Sempurna, dan Bintang di Surga.
Coba dengarkan beberapa lagu tersebut. Setelah itu sesuaikan nadanya dengan 6 senar gitarmu.
Selanjutnya, kamu dapat menggunakan metode tersebut untuk menyetem gitar secara manual.
Selain menyetem gitar dengan cara tersebut, Anda juga dapat menyetem gitar dengan instrumen lain. Kamu dapat mencocokan nada gitar dengan instrumen lain, misalkan piano. Tidak hanya gitar, kamu juga dapat menggunakan cara ini untuk menyetem bass juga. Sesuaikan nada gitar atau bass dengan nada piano, pastikan nada yang dihasilkan semirip mungkin dengan nada pada piano.

Beberapa cara tersebut dapat kamu gunakan untuk menyetem gitar, kamu dapat menggunakan aplikasi, atau yang lainnya. Kamu juga dapat menyetem gitar sendiri secara manual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 HP VIVO Ram 6 GB harga 2 jutaan

Jadwal MotoGP 2020 Seri Valencia Pekan ini dan Kabar Buruk dari Marc

FAMILI CHORD, COUSIN CHORD???